Dalamnya Kebodohan (2) : Trolling di Facebook


Akun Facebook saya sudah terbengkalai selama setahun lebih. Begitu juga Friendster. Hanya saya sentuh tiap ada kolega yang secara spesifik minta agar kontak hanya dilakukan via salah satu dari dua situs jejaring sosial ini. Namun sekitar seminggu yang lalu, lantaran secara tidak sengaja melirik akun milik Victor, saya tertarik pada dua akun grup yang terafiliasi pada akun ybs : UNCEN English Department dan Universitas Cenderawasih Jayapura. Saya khususnya tertarik pada akun terakhir. Penasaran saja, obrolan cerdas nan ilmiah apa sih yang beredar disana? Saya pun melihat-lihat catatan-catatan dinding yang ditinggalkan para member-nya. Dan saya langsung mual terkentut-kentut demi melihat satu post ini :
Klaim yang menyesatkan

Seperti biasa, saya tidak pernah bisa menahan diri tiap kali menemukan hal-hal bodoh. Saya nekat bergabung dengan akun grup tersebut demi bisa mengomentari post komentar diatas (Facebook menyebutnya ‘post’, tapi saya lebih nyaman menyebutnya komentar saja).
Debat yang bergulir selanjutnya sangat mengasyikkan. Saya selalu sangat menikmati kegiatan intellectual bullying – yang mungkin lebih sering disebut trolling ini. 😈
Sampai post ini dirilis, debat Facebook ala forum tersebut masih berjalan – paling tidak saya berharap begitu. Bagi yang ingin mengecek perkembangan terakhir secara live, silahkan akses link Universitas Cenderawasih Jayapura di atas. Versi “see all post”-nya juga ada [Link].
Namun untuk lebih memudahkan, saya memutuskan untuk menyalin dialog yang sudah berjalan sampai dengan post ini dirilis, agar bisa dinikmati langsung. πŸ˜‰
Gaya dan cara menulis tiap debator tidak saya ubah maupun edit lagi lantaran malas.

Hatzi Ardi Sudja :
UNCEN is the best university..

Fritzter :
@Hatzi Ardi Sudja

UNCEN is the best university

Apa? Terbaik dalam hal apa?
Kurikulumnya? Sistem manajemen akademik dan administrasinya? Pelayanan terhadap mahasiswa? Kualitas dosen? Atau kualitas lulusannya?

Sudah punya database akademis yang terkomputerisasi? Bagaimana dengan administrasi? Kenapa tiap yudisium & wisuda mahasiswa harus setor kuitansi SPP dari semester awal sampe akhir? Dimana arsip Universitas?
Apanya yang terbaik?

Dengan UNIPA saja masih kalah, bisa-bisanya klaim yang terbaik.

Sebagai kaum intelektual, biasakanlah bicara dengan dasar logika dan fakta. Supaya tidak bikin malu almamater.

Menyatakan kecintaan boleh saja, tapi jangan bikin pernyataan tidak bertanggung jawab menyatakan UNCEN yang terbaik. Jangan cuma gara-gara cinta trus klaim sbg yg terbaik.
Bilang saja bahwa seburuk apapun UNCEN, ia tetap yang terbaik bagi anda. Itu baru objektif, cerdas, dan bisa dipertanggung jawabkan.

George Rumborias :
@Frits Haryadi: saya rasa sbg orang intelektual anda tdk bs menempatkan diri anda dg baik..knp?? Anda tdk bs menghargai opini dr org lain yg disampaikan..anda hrz ingat bhw penilaian baik atw tdk suatu institusi pendidikan ada pada dirjen dikti..bkn pada diri anda !!..kalo anda merasa tdk puas dg komentar Teman Sejawat saya,tanyain dong sm dirjen dikti….
Kalo emg tiap wisuda hrs ngumpulin kwtnsi spp kek,.database blm jelas kek,.kurikulum kek…toh slm ini UNCEN TETAP BAIK-BAIK SAJA…!!

Andro Karubuy :
@fritz Haryadi: dr komentar yg anda lontarkan menunjukkan bahwa kapasitas intelektual anda sgt terbatas n anda tdk bgt mengerti ttg standar penilaian suatu institusi pendidikan. Z setuju dg apa yg sdr george ungkapkan. Apakah anda ada bukti otentik dr DIKTI ttg UnCEN lbh buruk dr UNIPA?

Fritz Haryadi :
@George Rumboiras & Andro Korubuy:
———————————————————

…Apakah anda ada bukti otentik dr DIKTI ttg UnCEN lbh buruk dr UNIPA?

Berbeda dengan anda berdua, saya justru sudah lebih dahulu mencari data sebelum saya menulis disini. Berbeda dengan anda berdua, saya tidak asal bunyi.

Akreditasi UNCEN : http://banpt.blogspot.com/2010/04/uncen-akreditasi-universitas.html
Akreditasi UNIPA : http://banpt.blogspot.com/2010/04/unipa-universitas-negeri-papua.html

Dalam tabel hasil akreditasi UNCEN (masa berlaku bervariasi, ada yang 2001, ada yang hingga 2012) bisa dilihat bahwa dari 23 Program Studi yang ditampilkan disitu, tidak ada satupun yang mendapat akreditasi A (B dan C masing2 11). Bahkan salah satu Prodi mendapat akreditasi D.
Ini berbeda jauh dengan UNIPA yang salah satu Prodinya mendapat akreditasi A. Tidak satupun yang mendapat D.

Silahkan dibandingkan sendiri. Tabel yang lebih lengkap dari ini seharusnya ada, tapi sementara ini baru segini yang saya dapat.

Fritz Haryadi :
@Andro Korubuy;

Bagaimana, sudah menemukan batas kapasitas intelektual anda sendiri ?

Seharusnya saya tidak perlu repot2 mencari bukti, lantaran anda sendiri tidak datang dengan bukti.
Sekarang setelah saya sudah memberi “bukti otentik” bahwa UNCEN lebih buruk daripada UNIPA (paling tidak secara akademik), saya tunggu “bukti otentik” dari anda yang menyatakan sebaliknya.

Ayo, buktikan bahwa bukan kapasitas intelektual anda yang justru terbatas.

Fritz Haryadi :
Berikut ini data tambahan sebagai bukti pendukung terhadap sanggahan saya untuk komentar “UNCEN is the best university” dari Hidas atau Hadit atau Hidat atau siapapunlah namanya itu.

Tingkat dunia : World University rankings:
http://www.topuniversities.com/worlduniversityrankings/results/2008/overall_rankings/fullrankings/
UGM ke-316. Tidak ada UNCEN disitu. Bahkan di peringkat 500an ke bawah sekalipun.

Tingkat Asia : http://www.webometrics.info/top100_continent.asp?cont=asia
Disitupun tidak ada UNCEN.

Tingkat Asia Tenggara : http://www.webometrics.info/top100_continent.asp?cont=SE_Asia
Masih tidak ada UNCEN.

Lalu UNCEN itu terbaik dimana ???

Boijke Jufuway :
The first Uni in West Papua and I am proud that I’ve studied there…

Beto Phuyaka Fa :
Yeah I’m proud too!
What ever it will take, what ever people will say, what ever the reason will be……..
I will always love UNCEN 4ever n ever!!!
I don’t care wht would u gonna say……!!( sakno ne awakmu) Trying to prove anything but nothing!!! (T_T)…….hikss…hiks…hiks……
Go to hell with your vindications!!! Useless person that just trying to throw off on UNCEN’S shortcoming. Fuck with dat kind of people!!!

George Rumborias :
@fritz hariadi: sangatlah BODOH DAN TERKESAN ANDA TDK BERPIKIR SBG SEORANG YG BERPENDIDIKAN… cb pikir anda membandingkn uncen dg ugm dan univ lain di dunia,asia,asia tggara,..pemikiran yg dangkal…uncen is the bezt universitz..yg lain lewat…

DOOOONG !!!!!!! πŸ˜†
Can you spell "STUPID"?
Komentar terakhir inilah yang membuat saya merasa haruuuus sekali menggubah liputan debat kusir ini menjadi posting di blog ini. πŸ˜€
Benar-benar quote of the millenium©Geddoe.

Selanjutnya dengan cerah ceria saya menjawab komentar terakhir tersebut. Entah kenapa saya menemukan kenikmatan yang begitu Ilahi manakala sedang mempermainkan seseorang. πŸ˜†

Fritz Haryadi :
@George Rumborias
————————————
Ah, terima kasih sudah menunjukkan kapasitas anda yang sesungguhnya.
Siapapun yang membaca disini paham kok, siapa diantara kita yang bodoh.

…membandingkn uncen dg ugm dan univ lain di dunia,asia,asia tggara,..pemikiran yg dangkal..

Lalu mau anda UNCEN harus dibandingkan dengan Universitas mana? Saya sudah berbaik hati hanya membandingkannya dengan UNIPA. Anda minta bukti, sudah saya beri. Lalu anda sendiri sudah memberi bukti apa? Apa yang sudah anda berikan disini, yang membuktikan bahwa anda selama ini “BERPIKIR SBG SEORANG YG BERPENDIDIKAN” ?

Saya membandingkannya dengan skala dunia, Asia dan Asia Tenggara ya karena pernyataan “UNCEN universitas terbaik” itu diutarakan dengan bahasa Inggris, itu berarti skalanya ya harus Internasional, karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Sederhana sekali.
Sebegitu susahnyakah konsep itu untuk anda pahami ?

@Boijke & Beto Phuyaka Fa
———————————-
I’m not telling you not to be proud. I never am.
Despite being one of the 7 deadly sins, Pride is a God-given right, and I’m not telling you not to be proud of your university.

I’m just pissed off when someone names UNCEN as “the best” without even bother to explain, when asked, as to what properties the title is based on. The best in what? The best where?

I already wrote here in my first comment in Bahasa that it’s no problem when you express your affections and feelings for UNCEN, and that based on that affection you still love it no matter what.

But when you claim something as “the best” without any logical reasons, well that’s not something an “intellectual” would do.

@Beto Phuyaka Fa
——————————-

…Useless person..

You don’t fuckin’ know me so keep your insults to yourself.

.. that just trying to throw off on UNCEN’S shortcoming.

Well someone’s gotta do it. Might as well be me.
If noone says anything about UNCEN’s shortcomings, then how the hell is it going to develop itself? Especially when everyone keeps blindly claiming it as already “the best” with no logical grounds. These people are the ones that are really useless.

You’re not “the best” just ‘cos people say so. You can only hold that title when you’ve won something. When you’ve defeated others.
I wouldn’t have any problem if you say things like “Persipura is the best”, cos clearly Persipura has won something – more than once.

But this is UNCEN we’re talking about. What exactly has it won?

Nah, begitulah progress sementara parade fallacy di Facebook ini. :mrgreen:
Saya merasa puas sekali karena akhirnya bisa menemukan cara untuk membuktikan bahwa unek-unek saya tentang mutu intelektual mahasiswa UNCEN di salah satu post saya tempo hari itu bukanlah isapan jempol. Akhirnya ada juga yang mau maju menjadi kelinci percobaan demi membuktikan kebenaran hujatan saya. 😈

Advertisements

25 Responses to “Dalamnya Kebodohan (2) : Trolling di Facebook”


  1. 1 lambrtz June 5, 2009 at 1:40 am

    UNCEN is the best university

    Sejujurnya saya ga habis pikir dengan fanatisme macam ini. Sepertinya ga cuma di sana bro; di universitas mana-mana di Indonesia banyak yang seperti ini. 😐

    Ayo lanjut-lanjut bang πŸ˜€

  2. 2 hawe69 June 5, 2009 at 3:41 am

    hahahha…

    gw juga mendapat sensasi membaca tulisan ini..

    meskipun gw bukan orang berpendidikan tinggi, tapi hehehe..
    THIS IS THE BEST debate i’ve read today..

    Fritz is the best!
    :mrgreen:

  3. 3 Fritzter June 5, 2009 at 1:22 pm

    @lambrtz
    Aha! Dipantengin di Y!M gak nongol2, datang juga akhirnya.
    Eh bagi link dong, yang muat hasil akreditasi Univ negeri dari Dikti yang terbaru. Buat nambah2 amunisi, soale yang saya dapat itu kurang lengkap, dan banyak yang kadaluarsa pula.
    Dirimu kan sumbernya kalo soal data begituan. :mrgreen:

    @hawe69
    Euh jadi malu 😳
    Dapet sensasi juga ya πŸ˜€ ? Nggemesin banget kan ya? :mrgreen:

  4. 4 lambrtz June 5, 2009 at 4:45 pm

    Aha! Dipantengin di Y!M gak nongol2, datang juga akhirnya.

    Hihihi…blogmu kan terdaftar di Google Readerku, jadi ya kalo ada post yang menarik kaya gini mesti komenlah :mrgreen:

    Eh bagi link dong, yang muat hasil akreditasi Univ negeri dari Dikti yang terbaru.

    Ini maksudnya?

  5. 5 Sukma June 8, 2009 at 1:41 am

    Hoo, seru :mrgreen:

    *menunggu perkembangan selanjutnya*

  6. 6 itikkecil June 9, 2009 at 3:13 am

    soal universitas, saya gak sefanatik itu kok. saya realistis soal unsri. beda kalau soal intermilan… buat saya tetap the best….
    terlepas dari fakta kalau inter gagal di tingkat eropa
    tetap the best…
    *nyari Jensen dan Amed*

  7. 7 itikkecil June 9, 2009 at 3:17 am

    yeah intermilan is the best club in the world
    *minggat*

  8. 8 dnial June 9, 2009 at 11:27 am

    Tetap ITS yang terbaik dong!

    Universitas mana lagi yang berhasil mengantarkan penskorsing 10 mahasiswa jadi menteri komunikasi dan informasi. πŸ˜€

  9. 9 Fritzter June 9, 2009 at 3:27 pm

    @itikkecil | dnial
    Pemikiran yang dangkal™
    πŸ˜†

  10. 10 Kayas June 11, 2009 at 12:14 pm

    Wah, wah..fanatiknya kyk suporter bola emang..kyk bobotoh fanatik yang sampe bisa merusak.

    terkadang, saat kita melihat sebagai ‘orang luar’ pada univ2 yang udh terkenal bagus di Indonesia (semacam UI, ITB, dan lainnya) rasanya univ2 itu bagus banget, ga ada duanya. Dan memang begitulah faktanya, yah setidaknya utk ukuran indonesia dan dari rating asia atau dunia.

    tapi saat udh menjadi ‘orang dlm’, coba tanyalah pada mereka, apakah cukup puas dan mengganggap univ tsb adalah the best, tak ada duanya. memang ada yang cukup puas, sy melihatnya dari gaya mereka dan cara mereka memandang mhswa lain misalnya (krn merasa kul di univ fave di indonesia). tapi ada juga yang ngerasa ‘biasa’ aja, bhkn menurutnya tak seindah/ sebagus yang dibayangkan.

    untk uncen sendiri, sy ga begitu tau krn blm pernah liat dan jg skrg jarang apdet data2 seperti itu…

  11. 11 Kayas June 11, 2009 at 12:18 pm

    o iya btw..ini mina :mrgreen:
    *ga penting*

  12. 12 rukia^^ June 12, 2009 at 5:46 pm

    itu orang2 yang bilang UNCEN terbaik sudah pernah keluar dari papua belum sih bang? kalo belum suruh turun gunung dululah. hehehe… πŸ˜†

  13. 13 ocha June 13, 2009 at 7:19 am

    hahaha… fanantisme berlebihan

    wokwokwokwok πŸ˜€

    lanjoooot…

  14. 14 hablursalju June 15, 2009 at 7:56 am

    halo, salam kenal juga,
    saya belum pernah tinggal di jayapura.. πŸ™‚

  15. 15 Mbelgedezβ„’ June 20, 2009 at 12:24 pm

    .
    Hwaduuuh…

    Sebenernya sayah cuman seneng mbaca ajah sama tulisan yang kurang ajar inih. Tapi berhubung situh bolak balik berak di blog sayah, gatel juga sayah buat gantian berak di sinih….

    Begini boss,…

    Inih pengalaman pribadi jaman sayah masih sekolah di UGM. Dulu sayah pernah maen ke kost temen. Kebetulan di sanah ada seorang lulusan UNCEN yang gagah berani sedang ngambil S2. Kayaknya seh, ambtnaar boss…

    Nah, kalo pas ngobrol sama dia, maap-maap neh, kualitas bacotannya sangad ndak level untuk seorang mahasiswa S2…

    Sayah ndak tau napa, kayaknya zulit zekalee nyambung. Saat ituh sayah mikir, jangan-jangan S1 di UNCEN kalo di sejajarkan sama UGM cuman selevel D3….

    Ato, jangan-jangan malah selevel kursusan yang menjamur di ruko-ruko ituh…???

    Piss ah… :mrgreen:

  16. 16 Fritzter June 25, 2009 at 4:15 pm

    @Mbelgedez™
    πŸ˜†
    πŸ˜†
    πŸ˜†

    Walah lek, lha wong waktu dirazia tim DIKTI taon 2007 silam, ada prodi yang nyaris dibubarkan paksa lantaran ada dosennya yang lulusan D3, padahal itu prodi S1. πŸ˜†

  17. 17 Rist Lawliet July 8, 2009 at 11:30 am

    Hahahha…
    Dari cara nulis post komen aja udah keliatan siapa yang lebih berpendidikan… πŸ˜€

  18. 18 joesatch yang legendaris August 15, 2009 at 12:42 pm

    ugm! sudah jelas. parameternya tentu saja webometrics, nyahahahaha…

    anoo…habis “is the best” mungkin dia kelupaan nulis “in my heart”-nya :mrgreen:

  19. 19 dieree February 19, 2010 at 12:44 pm

    bro. sampai kapan km harus hidup dgn bayangan tidak puas atas diri km sendiri yang tidak pernah memuaskan diri km sendiri. sudahlah fren berhentilah sebelum ada yang menghentikan km.
    hadapi kenyataan hidupmu, meski memang pahit.

    Z yakin, kamupun sedih atas diri kamu sendiri yang menyadihkan.

  20. 20 dieree February 19, 2010 at 12:44 pm

    bro. sampai kapan km harus hidup dgn bayangan tidak puas atas diri km sendiri yang tidak pernah memuaskan diri km sendiri. sudahlah fren berhentilah sebelum ada yang menghentikan km.
    hadapi kenyataan hidupmu, meski memang pahit.

    Z yakin, kamupun sedih atas diri kamu sendiri yang menyedihkan.

  21. 21 Fritzter February 27, 2010 at 5:35 am

    @ dieree

    […]sampai kapan km harus hidup dgn bayangan tidak puas[…]

    Ya sampe puas, tolol. πŸ˜†

    […]berhentilah sebelum ada yang menghentikan km.

    Heh, hentikan saja kalo bisa, bodoh.

    hadapi kenyataan hidupmu, meski memang pahit.

    Lha justru ini yang namanya menghadapi. Kalo liat barang bobrok trus dibiarkan saja tanpa dikoreksi, itu yang namanya tidak menghadapi alias lari dari kenyataan. Gitu lho goblok.

    Z yakin, kamupun sedih atas diri kamu sendiri yang menyedihkan.

    Maaf tebakan anda salah. Anda kok lugu ya, lumayan guoblok.
    πŸ˜†

  22. 22 bay sugihwaraas November 3, 2011 at 6:54 am

    jancokkkaaan kabeh,,,,apa bukti nyata kalo lulusan Sarjana yang elo-elo banggain semua itu berguna bagi kita2 kaum dhuafak cokkkkk,,,,wes gak usah kakean cocot selama yang korup dan maling masih dari golongan anda2 semua,,,saya masih gak percaya////????????buat kerja nyata yg mengayomi fakir,gelandangann,yatim piatu,jek akeh wong sing gak mbadookkkk cok,,,,,,,,,buktikan kalo kalian sarjana hebat…..walau bukan sarjana tapi mau ngurusi kepentingan orang yg terpinggirkan baru dikatakan hebat////////

  23. 23 bay sugihwaraas November 3, 2011 at 6:55 am

    sorri frits……tetap kita sobatan

  24. 25 OPM November 9, 2012 at 3:47 am

    STUPID FRITZter


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




WANTED


Fritzter D. Loki

DEAD OR ALIVE

β 666,000,000

Currently Peeking

Categories

June 2009
M T W T F S S
« Apr   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930