Necis tanda Tak Dalam

Joko yang lahir dan besar di daerah transmigrasi di Arso, Papua, untuk pertama kalinya turun ke “kota” Jayapura dengan berbekal selembar kertas bertuliskan alamat persinggahan sementara.
Setibanya di lingkaran Abe, turun dari angdes, ia mulai menengok kanan-kiri mencari orang yang sekiranya tahu tentang alamat yang dipegangnya. Pilihan pertama jatuh pada seorang pemuda berseragam SMU.
Joko: Permisi dik, numpang tanya. Apa di sini “Jalan Raya Sentani” ?
Narsum #1: Yo’i.
Joko mengernyitkan kening, kurang paham dengan jawaban itu. Tapi ia tidak mau berpanjang lebar, segera mengucapkan terima kasih dan mencari orang lain lagi yang jawabannya kira-kira lebih jelas. Dihampirinya seorang penjual pulsa pinggir jalan, yang sedang sibuk dengan HPnya.
Joko: Permisi mas, numpang tanya. Apa di sini “Jalan Raya Sentani” ?
Narsum #2: Ho’oh.
Joko mengernyitkan kening lagi. Jawaban ini juga masih kurang jelas baginya. Tapi kali inipun ia tak mau berpanjang lebar, karena ia kebetulan melihat seorang berpakaian safari kuning dengan kacamata gelap. Orang itu menenteng tas kotak hitam bergambar logo beringin. Ah, orang pinter ini, batin Joko. Segera dihampirinya sosok necis itu.
Joko: Permisi pak, numpang tanya. Apa di sini “Jalan Raya Sentani” ?
Narsum #3: Ya, benar.
Joko: Ah, terima kasih pak.
Joko: Eh, saya boleh nanya lagi pak ?
Narsum #3: Oh boleh saja. Silakan.
Joko: Gini pak, dari tadi saya nanya orang-orang di sini soal jalan, kok jawabannya ndak ada yang jelas.
Narsum #3: Memangnya apa saja jawabannya ?
Joko: Ada anak SMA yang bilang “yo’i”. Itu opo to maksudnya pak ?
Narsum #3: Oh, itu tandanya dia anak gaul. Biasa itu bahasa gaul, artinya “ya”.
Joko: Oooo (manggut-manggut)
Joko: Ada lagi yang bilang “ho’oh”. Kalo’ itu apa pak ?
Narsum #3: Oh, kalo itu tandanya orangnya gak pendidikan, belum tau berbahasa yang benar. Ndak jelas.
Joko: Oooo (manggut-manggut)
Joko: Lha kalo njawab “ya, benar” koyo njenengan ini tandanya apa pak ?
Narsum #3: Oh, itu tandanya orangnya intelek. Paling ndak sudah Sarjana.
Joko: Oooo jadi bapak ini Sarjana ?

Narsum #3: Ho’oh.

Advertisements

7 Responses to “Necis tanda Tak Dalam”


  1. 1 grace January 30, 2009 at 6:11 pm

    Narsum #3: Oh, itu tandanya orangnya intelek. Paling ndak sudah Sarjana.

    hayahhhh..pas ngmg gini juga udah menurunkan ekspektasi nih… πŸ˜†

  2. 2 lambrtz January 30, 2009 at 6:57 pm

    Sebelum Catshade nulis komen, saya cuma mau bilang…

    …kayanya pernah dengar deh. πŸ˜•

    :mrgreen:

    β€œkota” Jayapura

    Kok pake tanda petik sih? πŸ˜†

  3. 3 Catshade January 30, 2009 at 7:47 pm

    He…jujur, yang ini saya belum pernah dengar ^^;

    Tapi kali inipun ia tak mau berpanjang lebar, karena ia kebetulan melihat seorang berpakaian safari kuning dengan kacamata gelap. Orang itu menenteng tas kotak hitam bergambar logo beringin. Ah, orang pinter ini, batin Joko. Segera dihampirinya sosok necis itu.

    Wah, ada ‘pesan titipan’-nya ini πŸ˜›

  4. 5 Lumiere February 6, 2009 at 1:03 pm

    Ooooo….
    Jayapura itu Kota toh??! *manggut2*
    syukurlah ^^

  5. 6 Rukia February 9, 2009 at 6:01 am

    Orang itu menenteng tas kotak hitam bergambar logo beringin. Ah, orang pinter ini, batin Joko. Segera dihampirinya sosok necis itu.

    Ada yang disindir nih rupanya πŸ˜†
    *lirik sidebar*
    *tertawa sadis*

  6. 7 Fritzter February 10, 2009 at 8:33 am

    @grace
    πŸ˜†
    .
    .
    @lambrtz
    “Kota” ini gak punya bioskop.
    Gak punya daging kelinci.
    Gak punya dealer Kawasaki.
    Gak punya warteg.
    Gak punya….apa lagi ya…
    .
    .
    @Catshade
    😳
    .
    .
    @Bitch, the
    Lah hah!
    .
    .
    @Rukyah
    😳


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




WANTED


Fritzter D. Loki

DEAD OR ALIVE

β 666,000,000

Currently Peeking

Categories

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031