Archive for January, 2009

One Piece

Maret 2002. Saya menyambangi sebuah toko komik baru berjudul Boo Tee. Kelak toko ini akan ditutup dan direnovasi menjadi bagian dari gedung EF English First. Toko ini menarik perhatian saya karena ia adalah toko komik pertama di Jayapura yang khusus menjual manga, tanpa “dikotori” dengan majalah, koran dan tetek bengek lainnya.
Toko ini berdiri di atas dua lantai. Lantai pertama berupa mini-showroom dimana terpajang sampel dari semua judul manga yang stoknya dijajakan di lantai dua.
Saya : Ada one piece ?
Pramuniaga : (memeriksa rak-rak di sekujur lantai satu)
Pramuniaga : (10 menit kemudian) Nggak ada mas.
Saya : (melongok ke rak di belakang pramuniaga) Lha itu?

one-piece-vol01-cover

Pramuniaga : (menengok ke belakang) Oooooo, Nepec.

Necis tanda Tak Dalam

Joko yang lahir dan besar di daerah transmigrasi di Arso, Papua, untuk pertama kalinya turun ke “kota” Jayapura dengan berbekal selembar kertas bertuliskan alamat persinggahan sementara.
Setibanya di lingkaran Abe, turun dari angdes, ia mulai menengok kanan-kiri mencari orang yang sekiranya tahu tentang alamat yang dipegangnya. Pilihan pertama jatuh pada seorang pemuda berseragam SMU.
Joko: Permisi dik, numpang tanya. Apa di sini “Jalan Raya Sentani” ?
Narsum #1: Yo’i.
Joko mengernyitkan kening, kurang paham dengan jawaban itu. Tapi ia tidak mau berpanjang lebar, segera mengucapkan terima kasih dan mencari orang lain lagi yang jawabannya kira-kira lebih jelas. Dihampirinya seorang penjual pulsa pinggir jalan, yang sedang sibuk dengan HPnya.
Joko: Permisi mas, numpang tanya. Apa di sini “Jalan Raya Sentani” ?
Narsum #2: Ho’oh.
Joko mengernyitkan kening lagi. Jawaban ini juga masih kurang jelas baginya. Tapi kali inipun ia tak mau berpanjang lebar, karena ia kebetulan melihat seorang berpakaian safari kuning dengan kacamata gelap. Orang itu menenteng tas kotak hitam bergambar logo beringin. Ah, orang pinter ini, batin Joko. Segera dihampirinya sosok necis itu.
Joko: Permisi pak, numpang tanya. Apa di sini “Jalan Raya Sentani” ?
Narsum #3: Ya, benar.
Joko: Ah, terima kasih pak.
Joko: Eh, saya boleh nanya lagi pak ?
Narsum #3: Oh boleh saja. Silakan.
Joko: Gini pak, dari tadi saya nanya orang-orang di sini soal jalan, kok jawabannya ndak ada yang jelas.
Narsum #3: Memangnya apa saja jawabannya ?
Joko: Ada anak SMA yang bilang “yo’i”. Itu opo to maksudnya pak ?
Narsum #3: Oh, itu tandanya dia anak gaul. Biasa itu bahasa gaul, artinya “ya”.
Joko: Oooo (manggut-manggut)
Joko: Ada lagi yang bilang “ho’oh”. Kalo’ itu apa pak ?
Narsum #3: Oh, kalo itu tandanya orangnya gak pendidikan, belum tau berbahasa yang benar. Ndak jelas.
Joko: Oooo (manggut-manggut)
Joko: Lha kalo njawab “ya, benar” koyo njenengan ini tandanya apa pak ?
Narsum #3: Oh, itu tandanya orangnya intelek. Paling ndak sudah Sarjana.
Joko: Oooo jadi bapak ini Sarjana ?

Narsum #3: Ho’oh.

Lagi-lagi Transtool

Mahasiswi : Mas, di sini ada Transtool ?
Saya : Gak ada.
Mahasiswi : Lho katanya disini terima terjemahan.
Gimana caranya kalo gak ada transtool ?
lucu
Saya : Saya gak pake transtool, dek.
Mahasiswi : Pake apa dong ?
Saya : Pake kontool.

Pelanggan tersebut langsung pergi sambil cemberut.
Apa saya salah ngomong ya ? 😕

Apa kata dasar “politikus” ?

Saya punya 2 pilihan :

  1. Politik
    Afiksnya -us, artinya Seseorang yang berkecimpung di bidang Politik.
  2. Tikus
    Afiksnya poli-, artinya Hewan hama pengerat yang bisa bertahan hidup di segala jenis habitat.
  3. Itik
    Afiksnya poli+ dan +us, artinya Pemakan segala jenis unggas, biasanya itik tapi lebih suka ayam, apalagi ayam kampus
  4. Kus-kus
    Membentuk kata majemuk jadi-jadian dengan kata dasar politik, artinya Bentuk mutasi dari spesies hewan pohon khas Papua, konon hasil evolusi Koala Australia, yang doyan berpindah dari satu pohon ke pohon lain. Misalnya dari beringin ke kramattunggak
  5. Nah, anda pilih yang mana ?

Gempa gara-gara Julia Perez?

gempa-gara-gara-julia-perez

Sumber : [Mudah-mudahan iklannya belum diganti]
Pesan moral :
Jangan fast-read ! Apalagi cuma lihat gambar. 😆

Mengapa saya kuliah sampai 7 tahun

shevapatoseven2

Alasan
Pertama-tama, ijinkan saya membeberkan 2 alasan sederhana yang menjadi prima kausa leletnya kuliah saya. Tentunya alasan-alasan tersebut adalah berpulang pada diri pribadi saya sendiri.

Alesan aja! Gombal mukiyo!


WANTED


Fritzter D. Loki

DEAD OR ALIVE

β 666,000,000

Currently Peeking

Top Posts

Categories

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031