Search Engine di Daftar Pustaka

Saya iseng membaca printout tugas individu seorang Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Universitas Cenderawasih, dan secara tidak sengaja menemukan kejanggalan pada Daftar Pustakanya. Ybs menaruh http://www.google.com sebagai salah satu entri! Ini bagi saya aneh bin ajaib bin Ali bin Abu Thalib dan kampungan maksa sekali. Tentu saja reaksi pertama saya seperti biasa adalah tertawa tersedu-seduβ„’.
Dalam pemahaman saya, kalau sekedar menaruh homepage search engine, itu sama saja dengan sekedar menaruh judul sebuah Koran, misalnya, padahal yang dijadikan rujukan adalah salah satu artikel dalam koran itu, edisi sekian-sekian, halaman sekian.
Menurut anda bagaimana?

Klik untuk memperkecil

Klik untuk memperkecil



Ini saya pasang halaman cover tugas ybs juga, siapa tahu ada yang penasaran masalah otentisitas.
Ah, saya jadi ingat berita tahun lalu, tentang para mahasiswa Program Pendidikan Dokter UNCEN ini yang menggelar demo menuntut pemberlakuan tahanan luar bagi Ketua Program (setingkat Dekan) mereka yang pada saat itu ditahan atas tuduhan korupsi. Alasannya, gara-gara penahanan itu “proses belajar mengajar menjadi sangat terganggu“. Doh!!
Waktu itu saya benar-benar jungkir balik tidak paham dengan sikap para mahasiswa terhadap korupsi. πŸ‘Ώ
Ah, tapi tentu saja, itu cerita lain. Toh beliau akhirnya divonis bebas. πŸ‘Ώ
Advertisements

31 Responses to “Search Engine di Daftar Pustaka”


  1. 1 Catshade December 11, 2008 at 9:05 am

    Btw, format referensi yang pertama dengan yang kedua kok juga gak sama (penerbit-tempat-tahun dan tahun-penerbit-tempat)… πŸ™„

  2. 2 Fritzter December 11, 2008 at 9:35 am

    Ah, pengamatan yang jeli, kamrad. :mrgreen:
    Kira-kira andai sampeyan jadi dosennya, kesalahan ini dapat porsi pengurangan poin berapa?
    Btw juga, sori mungkin pas pertama baca masih dalam proses edit ulang, gara-gara ada ide dadakan. :mrgreen:

  3. 3 Imam Madzab Bocor Alusβ„’ December 11, 2008 at 1:27 pm

    Begini ajah, suruh maen ke UGM, mbawa digicam, ke perpus pusat.
    Suruh motretin ajah sekaliyan skripsi nyang jadi koleksi, biyar mbikin tugasnya ndak belepotan kayak begetoo….

    πŸ˜†

  4. 4 Fritzter December 11, 2008 at 1:48 pm

    πŸ˜†
    Lha mahasiswa kami ini kalo ke Jogya mainnya jelas bukan ke perpus mbah.
    Tapi fokusnya sejak turun airport langsung nyari sumber minuman keras lokal setempat πŸ˜† .

  5. 5 aNGga Labyrinthβ„’ December 11, 2008 at 4:35 pm

    He he he he….

    Emang aneh sie.. ngeliat aja lagi si mas nie

  6. 6 Rukia December 12, 2008 at 1:04 am

    Bener tuh yang dibilang ma mas catshade, kok beda ya format penulisannya? Trus judul buku/sumbernya bukannya harus dicetak miring atau digaris bawahi.

  7. 7 grace December 12, 2008 at 1:09 am

    *cek tugas sendiri*
    Bagaimana pun juga, kadang2 ini masih suka disepelekan para mahasiswa lho…
    tapi kalo masang google, itu sih……
    *tak mampu berkata lebih lanjut*
    :mrgreen:

  8. 8 Goenawan Lee December 12, 2008 at 2:16 am

    Tapi fokusnya sejak turun airport langsung nyari sumber minuman keras lokal setempat.

    Angkringan Code,lalu Sayidan… anyone? :mrgreen:

    *OOT*

  9. 9 itikkecil December 12, 2008 at 3:18 am

    http://www.google.com
    *speechless*

    soal demo itu, mereka pernah gak sih demo menuntut pejabat busuk yang ada disana untuk diadili karena kasus korupsi?

  10. 10 jensen99 December 12, 2008 at 3:22 am

    Itu kan, (biasanya, AFAIK) orang-orang yang mendapatkan materi paper via gugel tapi lupa (atau tak terpikir?) untuk mencatat/mengkopi sumbernya. Syukur2 save as web pages, biasanya juga kupipes ko MS Word. Jadi yang keinget ya gugelnya doang. πŸ˜†

  11. 11 Fritzter December 12, 2008 at 4:10 am

    @aNGga Labyrinth™
    Obsesi: Editor 😎
    πŸ˜† Ah gak segitu amat. Saya emang skip sampe kesitu karena belasan halaman sebelumnya gak layak baca πŸ˜†

    @Rukia
    Tul.

    @grace
    ‘Menyepelekan’ itu terlalu tinggi kelasnya.
    Aslinya ini ‘ketidak-tahuan’.

    @Goenawan Lee
    πŸ™„ Giliran saya yang gak nyambung.
    Itu merek2 local liquor Jogja ya? Atau? πŸ™„

    @itikkecil
    TIDAK PERNAH. 😎

    @Jensen
    lupa.. tak terpikir..
    Halah susah amat sih bilang orang Bodoh.
    Biar saya saja yang bilang deh: Goblok itu anak! πŸ˜†

  12. 12 eMina December 12, 2008 at 1:16 pm

    ahaii…mungkin dia agak kesulitan dalam mata kuliah bahasa dan sastra indonesia…ng terutama kaidah ttg penulisan karya ilmiah..mungkin? :mrgreen:

    btw, kadang dulu saya jg sering salah kayak gitu, tapi ya diperbaiki aja

  13. 13 Fritzter December 12, 2008 at 2:04 pm

    @eMina
    :mrgreen: Tapi yang ini jelas bukan soal keteledoran.
    Gak bisa lah disamain sama kasus kamu itu :mrgreen:

  14. 14 Haris Suryanegara December 12, 2008 at 5:03 pm

    kalo saya sih mending ndak usah cantumkan sumber dari internet sekalian, cukup yang dari buku-buku saja. πŸ™‚

    ah, namanya juga usaha, asal dosen senang, kenapa tidak? :mrgreen:

  15. 15 Fritzter December 13, 2008 at 3:46 am

    @Haris Suryanegara
    ………
    *melihat lebih seksama*

    Walah, saya kira avatarnya Goro Fujita a.k.a. Hajime Saito.

  16. 16 eMina December 13, 2008 at 9:22 am

    coba tanyain deh ke orangnya, berapa nilai bahasa dan sastranya? saya paling sebel dengan pelajaran itu. gitu mas freez (ho..? tu kan tetep enak manggilnya freez, alias bapak kulkas) *ditabok*
    ah tapi ini bukan tentang hal itu ya…

  17. 17 emina December 13, 2008 at 10:30 am

    btw, itu bin -bin nya kenapa begitu? πŸ˜•

  18. 18 emina December 13, 2008 at 10:31 am

    hetriiiiiiiiiiiiiiiiiixxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
    dah lamaaaaaaaaaaaaaa banget ga nyepam kayak gini ! 😈

  19. 19 Fritzter December 13, 2008 at 11:27 am

    @eMina
    #1
    Euh, kalo kulkas sih sebenarnya fridge (dari refrigerator). Kalo pengen njuluki saya “beku”, musti tambah satu e lagi. Freeze
    *mengangkat tangan* :mrgreen:

    #2
    Cuman majas personifikasi saja πŸ˜€

    #3
    Ah, beraninya kalo gak ada penunggunya πŸ˜†

  20. 20 leemoen December 13, 2008 at 1:54 pm

    kalo dari pengalaman saya..
    kalo pada tugas atau skripsi gwe di taruh kaya gitu pasti di cak-cakin ma dosen..
    soalnya itu alamatnya terlalu umum.. harus lebih spesifikkk.. jadi pas kalo di cek sama dosen bisa langsung ketemu artikel yang digunain buat tugas atou skripsi itu..

    lam kenal mas…
    http://leemoen.wordpress.com

  21. 21 diaryeki December 13, 2008 at 1:57 pm

    salam kenal mas ..
    kunjungan balik nih .. ^^

    hah? ada ya yang kayk gituan? itu mah sama aja boong ..
    hahahhaha ..

    sekalian aja taruh http://www.detik.net

    hahhaa

  22. 22 Fritzter December 13, 2008 at 2:13 pm

    @leemoen
    Saya malah sudah dapat ajaran soal itu di pelajaran bahasa indonesia SMU. πŸ˜†

    @diaryeki
    πŸ˜† πŸ˜€ πŸ˜† πŸ˜€ πŸ˜†
    Atau kalau settingnya 3 tahun lalu, http://www.17tahun.com πŸ˜†
    Biar dosennya semangat nyari sendiri artikelnya πŸ˜†

  23. 23 yanderzon December 14, 2008 at 11:25 am

    1001 maklum…namanya juga belajar…pasti neh orang berangkat dari ketidak tahuan yang teramat sangat besar…kayaknya ko harus berbaik hati untuk memberikan secuil bimbingan padanya….(ah…pasti juga ko tra mau) πŸ™‚

  24. 24 goldfriend December 14, 2008 at 1:52 pm

    nanti ada juga yang pasang daftar pustaka wordpress.com πŸ˜†

    Kira-kira andai sampeyan jadi dosennya, kesalahan ini dapat porsi pengurangan poin berapa?

    Cuma satu hukumannya : MENGULANG SKRIPSI. :mrgreen:

  25. 25 Fritzter December 14, 2008 at 2:43 pm

    @yanderzon
    Sejak pendidikan dasar dan menengah sudah mandi maklum, sekarang sudah perguruan tinggi masih harus dimaklumi juga? Apalagi kalo mengatasnamakan status “belajar”. Walah padahal belajar itu kan tidak ada batasnya? Lalu mau dimaklumi terus seumur hidup? Bagaimana dengan seleksi alam? πŸ˜•

    @goldfriend
    Aah, kedatangan pelatih kepala Peleton 2007 FC :mrgreen:

    *menggelar tarian adat*
    *dibredel Timbuser UU Pornografi*

    MENGULANG SKRIPSI. :mrgreen:

    Yah itulah kiranya hukuman yang paling murah meriah πŸ˜†
    FYI ini tugas individu lho πŸ˜‰

  26. 26 agiekpujo December 17, 2008 at 9:38 am

    masih mending lah masbro, dari pada referensinya ditulis internet πŸ˜†

  27. 27 Fritzter December 17, 2008 at 2:41 pm

    Guahhahahahahah πŸ˜†

  28. 28 emina December 18, 2008 at 10:15 am

    MR. Freeze itu penjahat gaek di batman, wakakakakakak

    ga juga, rasakan jg nanti saya akan mengacau klo ada penunggunya juga ! 😈

  29. 29 emina December 18, 2008 at 10:17 am

    waks…knp avatar saya jadi gitu 😯
    itu avatar siapa ya, he…? itu avatar blog lain knp jadi ada di sini juga

  30. 30 frozen December 18, 2008 at 12:21 pm

    aih, matjam mana poela itoe kasoes seperti itoe teroelang kembali, mahasiswa poela, amboi…

  31. 31 Fritzter December 18, 2008 at 3:43 pm

    @eMina #1
    OooOoo 😯 Mr.Freeze itu!!! Ah ya, bodi saya emang hampir mirip Arnold πŸ˜†

    @eMina #2
    Euh? Lho bukan sengajakah itu? πŸ™„
    Entah ya, apa yang terjadi ini….

    @frozen
    Begitulah…
    *manggut-manggut*
    *seruput kopi*
    *belagak ngerti maksud majas ejaan lama ini*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




WANTED


Fritzter D. Loki

DEAD OR ALIVE

β 666,000,000

Currently Peeking

Top Posts

Categories

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031